Langsung ke konten utama

Postingan

New Family Member

Beberapa hari yang lalu sahabat saya memposting foto empat ekor kucing kecil yang sedang minum susu dalam sebuah mangkuk. Saya dengan ekspresi mata dobel cinta langsung memberi komentar lewat jalur pribadi dan singkat cerita ternyata empat kucing itu sedang mencari ibu adopsi karena terlantar dan terancam dibuang.
Sudah sekitar tujuh tahun saya tidak memiliki kucing yang benar-benar dalam perwalian (tsah bahasanya perwalian) saya sendiri. Alasan tempat tinggal yang nomaden membuat saya menahan diri hanya berteman dengan kucing-kucing liar sekitar rumah dan kosan. Tapi belakangan saya merasa benar-benar butuh hiburan dan sahabat yang lucu dan dapat menghilangkan kecenderungan depresi, jadi beberapa lama terakhir saya memang mencari kucing kecil yang sekiranya bisa saya pelihara sampai tua.
"Aku mau yang orange, atau yg telon jg boleh." ketikku tanpa pikir panjang lagi. Kucing orange kesukaan saya, sedangkan telon alias tiga warna (hitam, putih, dan orange) ibu yang mengusulk…
Postingan terbaru

Mitos dan Fakta Mahasiswa FK

Bisa dibilang bahwa kedokteran adalah salah satu jurusan yang tergolong kontroversial. Banyak isu dan gosip yang sering saya dengar bahkan jauh hari sebelum benar-benar jadi mahasiswa FK. Diantara desas-desus itu tak jarang yang membuat saya merasa harus berpikir ulang sebelum memilih ambil jurusan ini. Setelah terjun di dalamnya, ternyata ada isu yang bukan sekedar gosip alias fakta, dan ada pula yang ternyata zonk alias hoax alias mitos belaka. Nah dipostingan kali ini saya pengen bahas satu-satu, meski nggak semuanya karena jumlah aslinya buanyak bangets. Semoga bisa mewakili yes.

1. Mahasiswa FK biasanya anak orang kaya soalnya bayar kuliahnya mahal.
Menurut saya nggak seratus persen benar. Memang ada FK yang mematok harga selangit baik untuk biaya masuk maupun persemesternya, tapi banyak juga FK yang relatif terjangkau, biasanya dari universitas negeri. Selain itu ada kok mahasiswa FK kayak saya yang hanya bermodal dengkul alias mengandalkan beasiswa. Dan spesies semacam saya jum…

Masjid yang Ingin Dikunjungi

"Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), Masjid Al Haram, dan Masjid Al Aqsha." (HR Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397)
Maka jika ditanya mengenai masjid manakah yang paling ingin dikunjungi? Tak akan ada jawaban selain bersumber dari perkataan sang manusia tercinta. Semoga Allah mudahkan :)

Menghadapi Anxietas

Anxietas atau kecemasan adalah kondisi yang pasti pernah dialami siapapun. Saat akan menghadapi situasi yang baru, menjalani kondisi yang belum pernah dibayangkan, atau sekedar memikirkan sesuatu yang belum terjadi, seringkali menimbulkan kekhawatiran, yang berimbas pada rasa deg-degan, napas ngos-ngosan, keringat dingin, bahkan ada yang sampai diare dan mual muntah. Meski banyak orang yang mengira saya orang yang percaya diri (lebih tepatnya narsis) tapi sebenarnya saya termasuk orang yang gampang cemas. Ada semacam trik yang saya lakukan untuk menutupi kecemasan dan membantu saya menghadapi berbagai hal. Dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:
1. Berdoa
Yang pertama dan paling utama, minta bantuan sama Allah untuk memudahkan urusan kita. Kalau mau ngomong di depan umum, biasanya saya mengulang-ulang doa Nabi Musa yang diabadikan dalam Al Qur'an surat Thaha ayat 25-28: "Robbisyrohlii shodrii, wayassirlii amri, wahlul 'uqdatan min lisaanii, yafqohuu qoulii (Ya Tuh…

Wallpaper Saya Hari Ini

Percayalah sebenarnya saya bukan orang yang cukup narsis untuk memajang foto selfie sebagai wallpaper. Biasanya wallpaper saya adalah gambar default dari pabrik, begitu pula dengan ringtone dan notifikasi. Dari situ tercermin bahwa saya adalah orang yang malas mengutak-atik handphone. Lantas alasan saya mengganti wallpaper kali ini karena itu merupakan foto pada hari saya sumpah dokter, dimana hari itu adalah sangat membekas.
Tak lama sebelum menyelesaikan program sarjana kedokteran, saya menemukan kenyataan bahwa tubuh saya memiliki kelainan autoimunitas. Tapi itu bukan fokus saya di postingan kali ini, karena masalah tersebut bisa dibaca disini. Intinya adalah saya harus menjalani masa koass yang bisa dibilang tidak mudah dibanding koass pada umumnya. Membutuhkan banyak bantuan, toleransi, dan pengertian dari orang lain membuat masa pendidikan saya bener-bener up and down. Dan selama koass itu  saya nggak pernah muluk-muluk mengharapkan sumpah dokter bareng temen-temen  seangkatan,…

Tiga Buku di Pulau Terasing

Seandainya saya terjebak di sebuah pulau terpencil, sebenarnya saya ingin memboyong semua buku dari rak di kamar saya. Tetapi jika hanya boleh memilih tiga, maka berikut adalah buku yang akan saya bawa:
1. Al Qur'an terjemah perkata.  Ialah pedoman hidup yang nggak boleh ketinggalan kapanpun dimanapun. Kalau settingnya kondisi biasa maka saya bisa baca Al Quran lewat aplikasi smartphone, tapi kalau di pulau antah berantah, belum tentu ada listrik dan batre pasti bakal habis dalam hitungan kurang dari sehari. Dan karena saya nggak tau kapan bisa pergi dari pulau itu maka saya harus tetap melakukan aktivitas yang bermanfaat. Syukur alhamdulillah kalau selama terjebak saya bisa dapet hapalan sampai berapa juz (ngarepnya sih khatam ya, aamiin). 
2. Fisiologi Guyton Jangan anggap saya sok rajin atau sok pinter ya hehehe, justru karena saya merasa butuh buat ngerti, maka saya putuskan bawa buku seberat plus minus 2 kg ini. Di antara ilmu kedokteran lain, menurut saya fisiologi adalah h…

Pengalaman Serem

Saat duduk di bangku SMP saya mengikuti beberapa ekskul, salah satunya adalah Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Sebenarnya kalau dilihat-lihat ekskul ini agak kurang cocok dengan saya, istilahnya "bukan gue banget" karena biasanya saya kurang tertarik dengan kegiatan yang banyak menggunakan fisik. Saya mengikuti ekskul ini karena di OSIS saya dapet Sie yang berkewajiban mengurus ekskul PKS dan ternyata saya merasa nyaman dengan teman-teman di dalamnya. Kegiatan yang dilakukan PKS mulai dari latihan baris berbaris, menertibkan barisan siswa saat upacara bendera, hingga membantu mengatur lalu lintas di pertigaan dekat sekolah tiap pagi hari. 
Ada sebuah agenda yang dilakukan untuk merekrut anggota baru, yaitu sejenis acara berkemah atau menginap di sekolah (saya lupa nama acaranya apa) yang akan diisi dengan berbagai kegiatan. Tentu sama dengan acara-acara menginap lainnya, yang paling ditunggu adalah kegiatan tengah malam. Para peserta dibangunkan tiba-tiba di tengah tidur nye…