Skip to main content

Jempol Aa' Marko Part 2


[ini lanjutan dari postingan sebelumnya *cerpen norak masa lalu, wkwk* selamat membaca dan terheran2 :-P]

Bingung, bingung. Pusing, pusing. Hadu, Komar kehabisan akal buat nyembuhin jempol kakinya. Direndem air garem, udah. Disebul-sebul, udah. Diobatin pake kapsul merek “Tokcer” udah. Digoyang-goyang Inul juga udah. Ke dokter?  Huwah, Komar mah atut! Habisnya kata si budi, pas dia meriksain cantengennya, malah tuh kuku disuruh dicabut. Dah gitu pake ditanyain segala , lagi.
“Hm, kukunya mau ditumbuhin lagi atau nggak?”secara, masa ga ditumbuhin lagi? Botak dong, ntu jempol kaki!
“Minta saran, noh, ama Mbah Marijan. Barangkali manjur,”kata emak.
Oke! Apapun yang terjadi, jempol kaki Komar harus sembuh sembuh! Engga keren kan, kalo hari Minggu nanti dia nemenin Aura sang kekasih hati dengan kondisi jempol kaki yang abuh! Biarin aja dibilang primitif gara-gara minta bantuan dukun. Yang penting sembuh!
“Hem,”Mbah Marijan manggut-manggut mengamati jempol kaki Komar sambil mengelus-elus jenggotnya yang lurus kaya habis direbonding. Tapi kayaknya Cuma pake shampoo!
“Jempol kakimu ini bisa sembuh. Asalkan….”
“Apapun syaratnya, Mbah, saya terima!”
“Ya, ya. Syaratnya, jempolmu ini harus diemut oleh kambing betina yang masih perawan ting-ting, malam bulan separuh ini,”Mbah Marijan menjelaskan dengan wajah datar, meyakinkan, kaya calon legislatif yang umbar janji.
Jantung Komar lemas. Buru-buru ia ambil langkah seribu. Fuh, ngga lagi-lagi deh, berurusan ama embah-embah.
Jempol kaki Komar makin bengkak. Tadi malem, Paijo ga sengaja nginjek ntu jempol. Akibatnya, komar nglunjak-nglunjak, ga bisa berhenti. Bukan karena kegirangan, but kesakitan! Bayangin! Tuh anak gembrotnya bukan main. Kakinya aja segede gedebog pisang! Mantep buanget dah. Hasil yang didapatkan yaitu: jempol kaki Komar tambah bengkak, segede bola ping-pong.

^k^o^m^a^r^
Hari minggu tiba. Dengan kaki yang semakin nyut-nyutan, Komar maksain diri buat nganter Aura. Biarin aja ntu jempol nggeliat-nggeliat jaipongan. Kesempatan ga bakal datang dua kali! Kapan lagi coba, Aura minta dianterin kaya gini.
But anyway, emang kemana ya, tujuan Aura minta dianter? Kafe? Salon? Arisan? Kuburan? And tengterengtereng…. Ternyata Aura minta dianter ke yayasan penyandang cacat!
“Tiap bulan emang Aura ke sini. Tapi baru kali ini bisa ngajak Kak Marko. Mumpung lagi butuh tenaga buat ngangkut-ngangkut,”kata Aura dengan gaya childishnya.
“I…Iya… ga papa kok. Tapi ngomong-ngomong barang-barang ini musti dutaruh dimana ya?”sahut Komar ngis-ngosan. Gimana enggak? Jempol kaki belon sembuh, eh musti ngangkut barang-barang di kardus yang beratnya minta ampun. Ga Cuma satu, lagi! Jadi penasaran, ntu kotak isinya apa ya? Batu??
“Oh, iya. Ini sembako, sumbangan dari warga sekitar rumah Aura. Ada beras, telur, terigu, minyak goreng, pokoknya macem-macem deh,”senyum Aura mengembang. Kejem juga nih cewe.
“Hem, pantesan berat!”bisik Komar dalam hati.
Di yayasan itu benyak anak-anak yang kurang beruntung. Ada yang lumpuh, cacat, ga punya tangan, ga punya kaki….
“Aura kagum ama mereka. Meskipun cacat, mereka punya semangat yang tinggi. Makanya kita harus bersyukur karena lebih beruntung dari mereka. Punya tangan, punya kaki, walopun punya wajah jelek kaya Kak Marko, tapi bisa beraktivitas kaya biasa, normal!”Aura bicara panjang lebar kali tinggi.
Tiba-tiba Komar merasa bersalah. Selama ini ia tak mensyukuri apa yang Tuhan berikan. Bahkan saat jempol kakinya bengkak, ia hanya bisa mengeluh dan mengeluh. Padahal anak-anak itu….
Rasa hangat menyelimuti hati Komar. Ia bertekad akan mengubah kebiasaannya. Ia akan selalu bersyukur dengan semua yang telah Tuhan anugerahkan.
“Makasih, Aura! Kamu udah menyadarkan Aa’ Marko!”Komar berseru. Saking semangatnya, ia mengepalkan kedua tangannya di depan dada. Tanpa ia sadari, kardus yang sedari tadi masih dalam genggamannya terjatuh, menimpa kakinya.
“Aaaawww…..!!!”
^k^o^m^a^r^
Pemalang, 12 April 2009
Lagi pusing mikirin OSN, iseng2 nulis.
Terinspirasi dr jempol kaki yg ga sembuh2.

Comments

Popular posts from this blog

Idul Adha di Perantauan; Sedih Sih, Tapi... Siapa Takut? B-)

Bismillah. Errr udah paham dari judulnya ya? Yaudah deh, ga jadi cerita ah~ ^_^ Intinya selamat hari raya idul adha, mohon maaf lahir dan batin (loh?) (Hoho gambar yg cukup menghibur :D)

Mitos dan Fakta Mahasiswa FK

Bisa dibilang bahwa kedokteran adalah salah satu jurusan yang tergolong kontroversial. Banyak isu dan gosip yang sering saya dengar bahkan jauh hari sebelum benar-benar jadi mahasiswa FK. Diantara desas-desus itu tak jarang yang membuat saya merasa harus berpikir ulang sebelum memilih ambil jurusan ini. Setelah terjun di dalamnya, ternyata ada isu yang bukan sekedar gosip alias fakta, dan ada pula yang ternyata zonk alias hoax alias mitos belaka. Nah dipostingan kali ini saya pengen bahas satu-satu, meski nggak semuanya karena jumlah aslinya buanyak bangets. Semoga bisa mewakili yes. Abaikan pose orang-orang yang di pinggir 1. Mahasiswa FK biasanya anak orang kaya soalnya bayar kuliahnya mahal. Menurut saya nggak seratus persen benar. Memang ada FK yang mematok harga selangit baik untuk biaya masuk maupun persemesternya, tapi banyak juga FK yang relatif terjangkau, biasanya dari universitas negeri. Selain itu ada kok mahasiswa FK kayak saya yang hanya bermodal dengkul alias m

Kerlap-kerlip

Mati lampu. Ini bukan karena pulsa listrik kost saya habis atau belum bayar 3 bulan. Bukan juga karena lampunya kadaluarsa. Semua lampu sepanjang jalan kost mati, itulah kenyataan yang terjadi, dan harus diterima dengan lapang dada. Dan saya, disini ngutak-atik laptop, nulis-nulis blog selagi temen2 kost ribut masalah lilin, korek, dan seterusnya. Saya cukup menikmati kegelapan ini, karena kamar saya jadi bersinar gara2 hiasan bintang2 fluoroscent warna hijau, pink, dan biru yang saya tempel di langit2 dan tembok kamar saya. Walhasil, kalo mati lampu, kamar saya jadi kerlap-kerlip, jad i berasa melayang-layang di tengah langit malam (lebay), hem mungkin sederhananya seperti berada di planetarium, atau apalah itu, yang jelas rasanya nyaman sekali :) Alhamdulillah, lampunya udah nyala! Wah, cepet banget ya, cuma berapa menit gitu, ga sampe setengah jam. Kamar saya sekarang jadi terang benderang, ga kerlap-kerlip lagi :) Hem, saya jadi teringat sama penemu lampu pijar, Thomas Alfa Edi