Skip to main content

1st Day; Pompa Air Uji Kesabaran

Sebenernya pengen banget hari pertama Ramadhan udah di rumah, tapi karena ada beberapa hal yg harus diselesaikan, jadi masih bertahan di solo. Gantinya malah ayah yang ke solo (seperti biasa, ngambil motor buat dibawa pulang selama liburan).
Pagi-pagi mau nyuci baju for the last time (*halah) sebelum pulang kampung, eh air malah bermasalah. Jadi begini, mekanisme air di kost saya adalah: pertama, air PAM dialirin ke tandon bawah yang luasnya segedhe kamar kos saya, terus air tersebut dinaikin ke tandon atas pake pompa air, baru deh bisa ngalir ke kran-kran. Nha tapi beberapa hari belakangan, temen2 kosan saya menemukan sebuah metode baru dimana air dari PAM bisa langsung ngalir ke tandon atas tanpa harus dinaikin pompa (ribet ya? saya juga ribet jelasinnya, pokoknya gitu deh :P). Jadi selama beberapa hari belakangan, pompa air ga dinyalain gitu. Sayangnya, air PAM di lingkungan kos saya tu emang suka mati kalo pagi hari. Tapi kos saya bisa tetep punya persediaan air di tandon bwah asalkan bisa dinaikin pake pompa (aaargh bener2 ribet). Nha intinya aja deh. Waktu saya dan mbak kos -yang mau nyuci juga- nyalain pompa air, eh si pompa itu baling2nya cuma mau muter sekali, terus mati. Hanya meninggalkan deru suara tak berdaya tanda kepasrahan (*apa deh banz). Dicoba lagi, lagi, berulang kali, tapi nihil. Hasilnya tetep sama. Padahal pagi itu juga dikejar deadline ke kampus.
Putar otak, temen2 nyaranin saya tanya sama ayah yang lagi tidur (istirahat setelah perjalanan semaleman) di kamar saya. Kali aja ayah tau apa problemnya, biasanya kaum adam kan lebih jago masalah perabotan elektronik. Saya manut deh. Zzz tapi bertanya pada orang yang sedang pulas tertidur ternyata adalah keputusan yang kurang tepat. Simak cuplikan percakapan saya dan ayah yg lagi pules2nya:
Saya: Pak?
Ayah: Apa? (suaranya agak2 sengau -tanda belom sadar penuh)
Saya: Bisa mbenerin pompa nggak Pak?
Ayah: Kenapa? (masih dengan suara sengau)
Saya: Pompanya mati, ga mau muter baling2nya....
Ayah: Dipukul-pukul aja gini (sambil mraktekin gerakan tangan mukul2 kayak nabuh gendang)
Saya: Emang nggak rusak dipukul-pukul?
Ayah: Mungkin aja ada yang kendur, jadi dipukul-pukul aja (suara makin sengau)
Saya: Zzz :-S
Nyerah deh, saya lantas balik ke temen2 kos yang nunggu sambil cekikikan (agaknya mereka denger percakapan saya ama ayah yang masih tidur). Fyu, pagi-pagi, hari pertama puasa, udah didera cobaan yang sungguh menguji kesabaran (*mulai lebaynya). Akhirnya saya dan mbak kos nimba tandon bawah pake ember buat mbilas cucian. Untung air tandon bawah lumayan penuh jadi ga musti nyelem. Hehe
Dan tau nggak siii? Setelah cucian saya beres, adik kost saya iseng mbenerin pompa air tsb. Entah apa yang dia utak-atik, tiba2 pompa air berdenging dengan kencengnya, alias hidup. Alhamdulillah....
Hikmah: Dalam kondisi tertentu, suara pompa yang bikin bising naudzubillah sungguh sungguh lebih baik daripada dia diem tak berdaya.

Next ke kampus, nyelesein ini itu, nganter mba kos kesini kesitu, dan pulaaangg... :)
Buka puasa pertama di dalem travel. Hm, sendu juga. Tapi itu jauh lebih baik daripada diantara desingan peluru dan bom (*ini serius loh).
Alhamdulillah nyampe rumah dini hari dengan selamat. Yeay! Menikmati sebulan penuh Ramadhan di kampung halaman, siapa takut? :D

Bismillah. 1st day well done. Next? Keep hamasah! :)


Comments

Popular posts from this blog

Mitos dan Fakta Mahasiswa FK

Bisa dibilang bahwa kedokteran adalah salah satu jurusan yang tergolong kontroversial. Banyak isu dan gosip yang sering saya dengar bahkan jauh hari sebelum benar-benar jadi mahasiswa FK. Diantara desas-desus itu tak jarang yang membuat saya merasa harus berpikir ulang sebelum memilih ambil jurusan ini. Setelah terjun di dalamnya, ternyata ada isu yang bukan sekedar gosip alias fakta, dan ada pula yang ternyata zonk alias hoax alias mitos belaka. Nah dipostingan kali ini saya pengen bahas satu-satu, meski nggak semuanya karena jumlah aslinya buanyak bangets. Semoga bisa mewakili yes. Abaikan pose orang-orang yang di pinggir 1. Mahasiswa FK biasanya anak orang kaya soalnya bayar kuliahnya mahal. Menurut saya nggak seratus persen benar. Memang ada FK yang mematok harga selangit baik untuk biaya masuk maupun persemesternya, tapi banyak juga FK yang relatif terjangkau, biasanya dari universitas negeri. Selain itu ada kok mahasiswa FK kayak saya yang hanya bermodal dengkul alias m

Kerlap-kerlip

Mati lampu. Ini bukan karena pulsa listrik kost saya habis atau belum bayar 3 bulan. Bukan juga karena lampunya kadaluarsa. Semua lampu sepanjang jalan kost mati, itulah kenyataan yang terjadi, dan harus diterima dengan lapang dada. Dan saya, disini ngutak-atik laptop, nulis-nulis blog selagi temen2 kost ribut masalah lilin, korek, dan seterusnya. Saya cukup menikmati kegelapan ini, karena kamar saya jadi bersinar gara2 hiasan bintang2 fluoroscent warna hijau, pink, dan biru yang saya tempel di langit2 dan tembok kamar saya. Walhasil, kalo mati lampu, kamar saya jadi kerlap-kerlip, jad i berasa melayang-layang di tengah langit malam (lebay), hem mungkin sederhananya seperti berada di planetarium, atau apalah itu, yang jelas rasanya nyaman sekali :) Alhamdulillah, lampunya udah nyala! Wah, cepet banget ya, cuma berapa menit gitu, ga sampe setengah jam. Kamar saya sekarang jadi terang benderang, ga kerlap-kerlip lagi :) Hem, saya jadi teringat sama penemu lampu pijar, Thomas Alfa Edi

Idul Adha di Perantauan; Sedih Sih, Tapi... Siapa Takut? B-)

Bismillah. Errr udah paham dari judulnya ya? Yaudah deh, ga jadi cerita ah~ ^_^ Intinya selamat hari raya idul adha, mohon maaf lahir dan batin (loh?) (Hoho gambar yg cukup menghibur :D)