Skip to main content

Al Kahfi

Adalah 110 ayat yang membuat pembacanya disinari cahaya di antara dua jumat. Yang 10 ayat permulaannya telah dijanjikan lewat seseorang yang paling mulia, bahwa menghapalnya akan menjauhkan dari Dajjal. Saya mencintai Al Quran sejak juz 1 hingga 30, dari Al Fatihah hingga An Naas, mulai ayat pertama hingga ayat ke 6.236, tapi kalau dipaksa memilih satu paling disuka, maka ialah Al Kahfi yang akan saya sebut pertama. 



Saya tipe orang yang menggemari kisah-kisah, dan Al Kahfi memuaskan dahaga saya, terutama karena kisah di dalamnya bukan dongeng belaka, melainkan hal yang nyata. Kisah pertama tentang sekelompok pemuda yang beriman dan dikejar oleh penguasa dzalim dan bersembunyi di dalam sebuah gua. Mereka lalu ditidurkan Allah selama 309 tahun di dalamnya. Kisah ashabul kahfi pertama kali saya dengar dari nasyid karya Raihan dengan judul sama, dan baru saya baca lengkapnya setelah mulai rutin membaca arti Al Quran selepas tilawah. 

Ada sebuah hal yang membuat saya takjub, disebutkan bahwa para penghuni gua itu dibolak-balikan ke kanan dan ke kiri. Dan setelah kuliah kedokteran, saya baru sadar tersembunyi hikmah dari ayat tersebut. Bila seseorang bedrest dalam waktu lama, maka ada banyak risiko yang ditimbulkan salah satunya ulkus dekubitus. Ini adalah kondisi dimana terjadi kerusakan jaringan kulit akibat penekanan dalam jangka waktu lama yang mengakibatkan penurunan aliran darah dan iritasi. Boleh googling sendiri gimana ngerinya bentuk ulkus, apalagi yang udah parah. Lalu satu hal luar biasa bahwa salah satu cara mencegah terjadinya ulkus dekubitus adalah dengan mempersering perubahan posisi, bisa miring kanan-miring kiri. Dan hal tersebut ternyata telah Allah ajarkan sejak ratusan tahun yang lalu dalam surat Al Kahfi :)

Kisah kedua tentang pemilik dua kebun. Tersebutlah dua orang, yang satu beriman dan yang lain kafir, yang diberi rizki oleh Allah berupa dua kebun anggur yang dikelilingi pohon kurma di sekitarnya. Di antara dua kebun itu terdapat ladang dan di celah-celahnya dialiri sungai-sungai. Konon kebun itu menghasilkan buah terus menerus hingga pemiliknya merasa angkuh, menyangka kebun itu tidak akan binasa selama-lamanya. Saat saudaranya yang beriman memberi nasihat untuk bersyukur dan kembali pada Allah, ia tak mengindahkan sama sekali. Maka Allah membinasakan segala yang ia banggakan itu, hingga tak menyisakan apapun selain penyesalan yang mendalam. Ngena banget deh perumpamaan yang Allah berikan ini, mengingatkan kita bahwa sehebat apapun dan sebanyak apapun segala sesuatu kita miliki, kalau Allah berkehendak, bisa banget cling~ hilang dalam sekejap.

Tertulis pula kisah legendaris, tentang Nabi Musa yang menemui Khidir demi meminta pengajaran ilmu. Khidir awalnya menolak karena yakin  bahwa Nabi Musa tak akan sabar bersamanya. Tapi karena kekeuhnya tekad Nabi Musa untuk ikut, akhirnya Khidir mengizinkan dengan syarat Nabi Musa ngga boleh bertanya atau berkomentar apapun sebelum Khidir menjelaskannya sendiri. Dan seperti kita tau, misi berguru tersebut harus pupus di tengah jalan karena Nabi Musa "kelepasan" sebanyak 3 kali. Waktu baca pertama kali, saya juga punya pemikiran sama kayak Nabi Musa hlo, tapi di ujung perjumpaannya barulah Khidir menjelaskan tujuan dari tindakan-tindakan yang ia lakukan. Dari situ imajinasi saya langsung melayang pada film-film kungfu, dimana murid perguruannya pas awal-awal akan disuruh-suruh terus oleh sang guru untuk melakukan hal yang ngga masuk akal. Terus di akhir-akhir baru ketahuan kalau segala hal tersebut punya tujuan, dan mulai deh si murid diajarin jurus-jurus sakti oleh guruya. Hush tapi saya lantas beristighfar karena ayat Al Quran ngga bisa ditandingkan dengan film kungfu, apalagi dengan imajinasi konyol saya. Tapi saya jadi dapet pelajaran, bahwa kita ngga bisa menjudge sesuatu hanya dari permukaan saja, apalagi hanya dari prasangka kita.

Kisah selanjutnya adalah petualangan Zulqarnain menempuh perjalanan melalui kaum dengan laut berlumpur hitam, kaum yang tidak memiliki pelindung dari matahari, hingga kaum dibelakang dua gunung yang meminta dibangunkan pemisah antara mereka dengan yajuj dan majuj. Saya sebenarnya ngga terlalu paham kisah ini, tapi sangat tertarik. Sosok Zulqarnain pun masih menjadi misteri dan kontroversi. Ada yang mengaitkan ia dengan tokoh The Great Alexander, ada pula yang lain. Satu hal yang jelas, bahwa Zulqarnain adalah sosok seorang sholeh, yang Allah beri kelebihan dibanding manusia lain di masa itu. Dan disebut-sebutnya yajuj dan majuj menambah bumbu penasaran pada kisah tersebut.Tembok penghalang seperti apakah yang memisahkan mereka dari manusia? Bagaimana cara mereka keluar di akhir zaman nanti? Apakah tembok itu nyata secara fisik atau hanya makna kiasan? Walahu'alam

Selain kisah, banyak juga hikmah dan petuah dalam surat Al Kahfi. Dan yang paling menohok bagi saya adalah ayat 103-104.
Katakanlah: "Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?" Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.
Semoga kita semua ngga termasuk dalam golongan orang yang merugi tersebut ya. Aamiin. Pengen banget bisa hapal surat Al Kahfi, tapi apalah daya diri ini yang masih sering males-malesan buat ngapal. Niatnya sih katanya pengen hapal 30 juz, tapi Al Kahfi 10 ayat pertama aja udah sering pikun kalau ngga diulang-ulang. Masih kurang 100 ayat lagi, setidaknya rutin dibaca dulu tiap hari jumat. Bismillah, semangat Banz ;)



Comments

Popular posts from this blog

Idul Adha di Perantauan; Sedih Sih, Tapi... Siapa Takut? B-)

Bismillah. Errr udah paham dari judulnya ya? Yaudah deh, ga jadi cerita ah~ ^_^ Intinya selamat hari raya idul adha, mohon maaf lahir dan batin (loh?) (Hoho gambar yg cukup menghibur :D)

Mitos dan Fakta Mahasiswa FK

Bisa dibilang bahwa kedokteran adalah salah satu jurusan yang tergolong kontroversial. Banyak isu dan gosip yang sering saya dengar bahkan jauh hari sebelum benar-benar jadi mahasiswa FK. Diantara desas-desus itu tak jarang yang membuat saya merasa harus berpikir ulang sebelum memilih ambil jurusan ini. Setelah terjun di dalamnya, ternyata ada isu yang bukan sekedar gosip alias fakta, dan ada pula yang ternyata zonk alias hoax alias mitos belaka. Nah dipostingan kali ini saya pengen bahas satu-satu, meski nggak semuanya karena jumlah aslinya buanyak bangets. Semoga bisa mewakili yes. Abaikan pose orang-orang yang di pinggir 1. Mahasiswa FK biasanya anak orang kaya soalnya bayar kuliahnya mahal. Menurut saya nggak seratus persen benar. Memang ada FK yang mematok harga selangit baik untuk biaya masuk maupun persemesternya, tapi banyak juga FK yang relatif terjangkau, biasanya dari universitas negeri. Selain itu ada kok mahasiswa FK kayak saya yang hanya bermodal dengkul alias m

Kerlap-kerlip

Mati lampu. Ini bukan karena pulsa listrik kost saya habis atau belum bayar 3 bulan. Bukan juga karena lampunya kadaluarsa. Semua lampu sepanjang jalan kost mati, itulah kenyataan yang terjadi, dan harus diterima dengan lapang dada. Dan saya, disini ngutak-atik laptop, nulis-nulis blog selagi temen2 kost ribut masalah lilin, korek, dan seterusnya. Saya cukup menikmati kegelapan ini, karena kamar saya jadi bersinar gara2 hiasan bintang2 fluoroscent warna hijau, pink, dan biru yang saya tempel di langit2 dan tembok kamar saya. Walhasil, kalo mati lampu, kamar saya jadi kerlap-kerlip, jad i berasa melayang-layang di tengah langit malam (lebay), hem mungkin sederhananya seperti berada di planetarium, atau apalah itu, yang jelas rasanya nyaman sekali :) Alhamdulillah, lampunya udah nyala! Wah, cepet banget ya, cuma berapa menit gitu, ga sampe setengah jam. Kamar saya sekarang jadi terang benderang, ga kerlap-kerlip lagi :) Hem, saya jadi teringat sama penemu lampu pijar, Thomas Alfa Edi